Motto IRWAN MAULANA

" MUN TEU NGARAH MOAL NGARIH, MUN TEU NGAKAL MOAL NGAKEUL ".

Tuesday, March 4, 2008

Madrasah Diniyah kita


Alhamdulillah pada tahun 2006 Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dapat menggandakan/menerbitkan buku Pedoman Penyelenggaraan Diniyah Takmiliyah, yang didalamnya mencakup Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA), Diniyah Takmiliayh Wustha (DTW), dan Diniyah Takmiliayah Ulya (DTU). Sesuai dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa Pendidikan Diniyah terdiri dari Pendidikan Diniyah Formal, Pendidikan Diniyah Nonformal, dan Pendidikan Diniyah Informal.

Pendidikan Diniyah Formal terdiri dari pendidikan diniyah dasar (pdd), pendidikan diniyah menengah pertama (pdmp), pendidikan diniyah menengah atas (pdma), dan pendidikan diniyah tinggi (pdt). Adapun Pendidikan Diniyah Nonformal mencakup Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA), Diniyah Takmiliayah Wustha (DTW), Diniyah takmiliyah Ulya (DTU), Pendidikan Al-Qur’an, Majlis Ta’lim, dan Pengajian Kitab. Sedangkan Pendidikan Diniyah Informal adalah pendidikan keagamaan Islam yang berlangsung dalam keluarga dan lingkungan.

Diniyah Takmiliyah adalah merupakan pendidikan tambahan (suplemen) terhadap pendidikan agama Islam yang dilakasanakan pada pendidikan umum seperti Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA). Pendidikan agama Islam yang hanya dua jam pelajaran di sekolah umum dirasakan tidak memadai bagi siswa untuk dapat sebagai bekal agar dapat mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu maka pilihan yang diambil oleh siswa dan orang tua siswa adalah masuk ke Madrasah Dinyah (Diniyah Takmiliyah).

Mudah-mudahan dengan adanya buku Pedoman Penyelenggaraan Diniyah Takmiliyah ini dapat membantu bagi pengelola Madrasah Diniyah maupun bagi personil Departemen Agama sebagai acuan dalam mengelola dan mengembangkan Diniyah Takmiliyah.




No comments:

Post a Comment

Silakan komentar Anda tulis disini.