Motto IRWAN MAULANA

" MUN TEU NGARAH MOAL NGARIH, MUN TEU NGAKAL MOAL NGAKEUL ".

Thursday, October 12, 2017

AKREDITASI GUDEP DI JABAR KAHIJI

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
Salam Pramuka...!

Duh kangennnnnnn sekali menulis di blog ini! Apa boleh buat dengan kesibukan di tahun ini, saya baru bisa kembali mem-posting tulisan di bawah ini.

Hari ini saya memposting pokok-pokok kegiatan sosialisasi bidang organisasi yang lebih difokuskan pada Akreditasi Gudep dan Sosialisasi aplikasi Sistem Administrasi Anggota (Gerakan) Pramuka (SIAP). Pada kegiatan ini saya mendapat peran  sebagai ketua panitia. Hal ini merupakan pembagian tugas sebagai Andalan Kwarda Jawa Barat dalam mensukseskan pencapaian prestasi Kwarda Jabar Kahiji. Semoga bermanfaat..!


POKOK-POKOK RENCANA PELAKSANAAN 
SOSIALISASI BID.ORGANISASI / AKREDITASI GUDEP
KWARDA JAWA BARATA TAHUN 2017

PENDAHULUAN

Dasar Pemikiran
Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok melaksanakan pendidikan bagi kaum muda di lingkungan luar sekolah yang melengkapi pendidikan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah dengan tujuan: Membentuk kader bangsa dan sekaligus kader pembangunan yang beriman dan bertakwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Membentuk sikap dan perilaku positif, menguasai keterampilan dan kecakapan serta memiliki ketahanan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik sehingga menjadi manusia yang berkepribadian Indonesia, yang percaya kepada kemampuan sendiri, sanggup dan mampu membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

Untuk pelaksanaan tugas pokoknya, Gerakan Pramuka membentuk satuan pendidikan yaitu: gugusdepan, satuan karya, dan pusdiklat. Gugus depan, yang biasa disingkat Gudep, merupakan satuan organik dimana keberadaannya menjadi organ penting dalam pencapaian tujuan gerakan pramuka.. Sehingga gugus depan dapat diharapkan menjadi ujung tombak pembentukan kader-kader bangsa yang unggul dan berkarakter.

Gugus depan diharapkan secara berkelanjutan meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan kepramukaan. Dalam fungsinya sebagai satuan pendidikan, kelayakan penyelenggaran pendidikan kepramukaan ini dapat diukur dengan adanya akreditasi gugus depan. Akreditasi gugus depan juga dapat diartikan sebagai upaya gerakan pramuka menjamin mutu satuan pendidikannya. Sehingga akreditasi gudep menjadi bagian penting dalam penataan organisasi gerakan pramuka secara keseluruhan.  

Secara teknis akreditasi dilakukan oleh para asesor yang ditugaskan oleh kwartir cabang, kwartir daerah dan kwartir nasional. Optimalisasi peran dan fungsi akreditasi gudep dapat berjalan dengan efektif jika para asesor tersebut bukan saja secara kuantitas tercukupi jumlahnya, tapi juga  terpenuhinya kompetensi yang seharusnya mereka miliki. Sehingga akreditasi gudep dapat berjalan sesuai yang diharapkan dan turut berpartisipasi dalam mensukseskan program kerja gudep dan kwartir. 

Secara khusus, akreditasi gudep di Jawa Barat diharapkan dapat turut mendukung pencapaian prestasi Kwarda Tergiat I tingkat Nasional (Jabar Kahiji). Untuk itulah, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat melalui Bidang Organisasi dan Hukum memandang perlu menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Bidang Organisasi dan Akreditasi Gudep Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Tahun 2017.
.
Dasar Penyelenggaraan

  1. Dasar Penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi Organisasi dan Akreditasi Gudep Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Tahun 2017, adalah:
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka;
  3. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka;
  4. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 220 Tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-Pokok  Gerakan Pramuka;
  5. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 203 Tahun 2011 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Akreditasi Gugus Depan Gerakan Pramuka; 
  6. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 015 Tahun 2013 tentang PIN Asesor Akreditasi Gugus Depan Gerakan Pramuka Tingkat Nasional ;
  7. Rencana Kerja Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Masa Bakti 2015-2020.
  8. Program Kerja Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Tahun 2017. 


Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan kegiatan Sosialisasi Organisasi dan Akreditasi Gudep Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Tahun 2017  adalah:

  1. Menyiapkan tenaga Asesor yang mampu mengelola proses akreditasi gudep secara tepat guna dan berhasil guna.
  2. Meningkatkan pemahaman mengenai peran dan fungsi akreditasi gudep di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat.
  3. Memberikan bekal informasi dan praktik pengelolaan organisasi, khususnya mengenai Aplikasi  Sistem Informasi dan Administrasi Pramuka  di Gudep.
  4. Meningkatkan semangat bakti, bagi Asesor dan organisatoris kwartir cabang yang berada di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat sehingga menjadi modal untuk mencapai Pramuka Jabar Kahiji.


RENCANA PELAKSANAAN

Nama Kegiatan
Sosialisasi Bidang Organisasi / Akreditasi Gudep Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Tahun 2017.

Waktu, Tempat, dan Narahubung
Waktu : Selasa, 24 Oktober  2017
Tempat : Gedung Bale Kitri Cianjur, Kompleks Sekretariat Kwarcab Cianjur, 
                  Jln. Pramuka No. 2 Desa Sukamulya  Kec. Karangtengah Kab. Cianjur
Check In : Pkl. 07.00 

Catatan : Bagi utusan Kwarcab yang jauh yang membutuhkan lokasi menginap sebelum dan sesudah kegiatan, Panitia memfasilitasi tempat menginap alakadarnya di lingkungan komplek Sekretariat Kwarcab Cianjur, dengan terlebih dahulu melakukan koordinasi pada narahubung panitia.
No. Narahubung : Irwan Maulana : 08572064****- WA : 08971944***
                              Ade Supriadi (Aboh) : 08572384****

Peserta Kegiatan
Kegiatan ini diikuti total oleh 150 orang peserta, yaitu dengan kategori :

  1. Peserta Kegiatan Penyegaran (FGD) Asesor Akreditasi Gudep, yaitu bagi para Asesor Gudep Kwarcab se-Jabar yang merupakan lulusan TOT Akreditasi Gudep tingkat Nasional Tahun 2012 di Cibubur. Nama-nama asesor terlampir dalam Lampiran 1 pada kolom Kategori I.
  2. Peserta Kegiatan Sosialisasi Akreditasi Gudep, yaitu calon asesor kwarcab (yang memenuhi persyaratan asesor) dengan kuota tertentu sebagaimana terlampir dalam Lampiran 1 pada kolom Kategori  II.
  3. Peserta Sosialisasi Organisasi (Aplikasi SIAP), yaitu andalan dan atau staf kwartir cabang yang  akan berperan menjadi pelaksana sosialisasi lanjutan di kwarcabnya masing-masing. Kuota dapat dilihat dalam lampiran 1 pada kolom Kategori III.

Perlengkapan Peserta

  • Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan setiap peserta agar membawa : Laptop, modem internet aktif, terminal listrik dan HP aktif.
  • Pakaian (dresscode) kegiatan adalah Pakaian Seragam Harian (PSH).


Kepanitiaan
Panitia
Penanggungjawab Umum             : Ketua Kwarda Jawa Barat
Penanggungjawab Pelaksanaan    :Wakil Ketua Kwarda Jawa Barat Bidang Organisasi dan Hukum
Ketua Pelaksana                            : Irwan Maulana
Sekretaris                                      : Drs. Eri Kustiaman, M.Pd.
Bendahara                                     : Teti Hidayati, S.E
Sie. Acara                                     : Drs. H. Munandi Saleh, M.Si.
Sie. Kesekretariatan                      : Asep Irawan
Sie. Publikasi dan Dokumentasi   : M.Nurnawaly Amin
Sie. Perlengkapan/Akomodasi      : Teti Tauhidah, M.Pd 
Sie. Konsumsi                               :  Ekawati Juwita, SE
Tim Asistensi                               : 1. Taufik Hidayat ; 2. Ade Supriadi ;3. Saeful Munawar ; 
                                                        4. Asep Sudrajat ; 5. Ridwan ; 6. Siti Aminah; 7. Dedeh F 
Narasumber dan Pemateri

Narasumber I : 
Akreditasi Gudep dalam Gerakan Pramuka ; Puslitbang Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
Narasumber II :
Kebijakan Kwartir Daerah Jawa Barat dalam Pengelolaan Akreditasi Gudep ; Wakil Ketua Kwarda Bid. Organisasi dan Hukum

Pendamping Teknis Kategori Sosialisasi Organisasi:
Aplikasi Sistem Informasi Anggota Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Barat.; Andu Kominfo Kwarda Jabar dan Tim SIAP Kwarda Jabar.

Pendamping Teknis Penyegaran Asesor Akreditasi Jabar :
FGD Asesor Akreditasi Gudep Jabar mengenai "Percepatan Pencapaian Target 10 % di 2018 Akreditasi Gudep se Jawa Barat" ; Asesor Akreditasi Gudep Kwarda Jabar 

Pendamping Teknis Sosialisasi Akreditasi Gudep :
Registrasi Data Dasar dan  Pengisian Dokumen dan Instrumen Akreditasi Gudep serta Tupoksi Asesor Kwarcab; Asesor Akreditasi Gudep Kwarda Jabar

Motto
Akreditasi Gudep Jabar Ngabukti, Cirining Ngadukung Kwarda Jabar Kahiji


PENUTUP

Demikian Rencana Pelaksanaan ini kami sampaikan untuk dijadikan bahan informasi dan pertimbangan, semoga kegiatan Sosialisasi Organisasi dan Akreditasi Gudep Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Tahun 2017 dapat berjalan dan mendapat ridho dari Allah SWT. Atas perhatian dan kebijakannya kami haturkan terima kasih.


Panitia Kegiatan Sosialisasi Organisasi dan Akreditasi Gudep Kwarda Jawa Barat 2017 
Ketua,


Irwan Maulana
NTA. 09.00.00.0014




No comments:

Post a Comment

Silakan komentar Anda tulis disini.