Motto IRWAN MAULANA

" MUN TEU NGARAH MOAL NGARIH, MUN TEU NGAKAL MOAL NGAKEUL ".

Tuesday, November 16, 2010

Kwarnas Akan Launching Gerakan Pramuka Pra-Siaga Sebagai Kader Bela Negara

Kamis, 30 September 2010

Jakarta, Defence Media Centre – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka memiliki suatu gagasan baru untuk meluncurkan (launching) Gerakan Pramuka pra-siaga yang petunjuk pelaksanaannya masih dalam proses pembahasan lima kementerian yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Agama, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pendidikan Nasional dan Kwarnas Gerakan Pramuka.

Hal-hal yang menjadi pembahasan diantaranya mengenai siapa saja yang akan menjadi prasiaga, siapa yang harus membina, siapa pembinanya dan bahan apa yang harus disampaikan kepada pembinanya. Wacana tersebut dilontarkan Kapusdiklatnas Drs. H. Joko Mursito, M.Si dalam amanat penutupannya dihadapan para peserta TOT Bela Negara bagi Guru TK Melalui Gerakan Pramuka di wilayah Jabodetabek, Rabu (29/9), di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta.

Lebih lanjut Kapusdiklatnas berharap dengan terselenggaranya TOT Bela Negara bagi guru TK tersebut dapat memotivasi para Guru TK nantinya untuk menjadi pelatih pra-siaga dalam Gerakan Pramuka sebagi kader Bela Negara. Terdapat empat jenjang pendidikan dan pelatihan dalam Gerakan Pramuka yaitu pertama, Basic Unit Leader Course atau kursus mahir dasar dimana saat ini belum melibatkan pembina pra-siaga.

Jenjang yang kedua adalah Advance Unit Leader Course atau Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (Mahir Paripurna), bagi yang berprestasi dan memiliki bakat untuk melatih dapat dipromosikan ke jenjang berikutnya yaitu Trainer Course yang ditujukan untuk para pelatih. Sedangkan yang ketiga yaitu Course for Assistant Leader Trainer dan yang terakhir adalah Course for Leader Trainer.

Oleh karena itu Kapusdiklatnas berharap dalam dua tahun kedepan Gerakan Pramuka akan memiliki pelatih atau pembina pra-siaga dan diharapkan para pelatih atau pembina tersebut lahir dari para peserta yang telah mengikuti TOT Bela Negara selama tiga hari ini sebagai kader Bela Negara.

Sementara itu Dirjen Pothan Kemhan dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kepala Sub Direktorat Lingkungan Pendidikan (Kasubdit Lingdik) Drs. Maman Tarmana, M.M., mengharapkan kepada para peserta TOT Bela Negara untuk terus menerus meningkatkan dan mengembangkan kreasi serta inovasi dalam mengintegrasikan Kesadaran Bela Negara di setiap kegiatan yang menyenangkan dan menarik bagi anak peserta didik. (ER/PGN)

No comments:

Post a Comment

Silakan komentar Anda tulis disini.