Motto IRWAN MAULANA

" MUN TEU NGARAH MOAL NGARIH, MUN TEU NGAKAL MOAL NGAKEUL ".

Tuesday, December 24, 2013

SAKA TELEMATIKA, Sudahkah Anda Kenal?


Salam Pramuka!
Kakak dan Adik-adik pembaca, bagaimana kabar Anda semua. Semoga selalu sehat wal afiat.

Kali ini, tulisan saya akan membahas tentang salahsatu satuan karya pramuka (Saka) yang ada di Kwartir Cabang Cianjur. Yaitu Saka Telematika.

Apa dan bagaimana Saka Telematika itu? berikut kita mulai bahas. Bismillahirrohmanirrohim...

SEJARAH DAN ORGANISASI SAKA TELEMATIKA

SAKA TELEMATIKA ialah Satuan Karya Pramuka yang membidangi masalah Teknologi dan Informasi, saka ini terbilang baru dan dirintis oleh Kwartir Daerah Jawa Barat dengan bekerja sama dengan Telkom sejak Maret 2011. Pembentukan Saka Telematika ditandatangani oleh Direktur Konsumer Telkom, I Nyoman G. Wiryanata bersama Ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat Dede Yusuf Effendi di GKP Telkom di Jalan Japati 1 Bandung.

Cianjur adalah salah satu kabupaten di Indonesia yang telah membentuk saka tersebut. Sejak tahun pertama Saka ini mulai digulirkan, Kwarcab Cianjur menyambutnya dengan membentuk Saka Telematika Kwarcab Cianjur. Pada Musyawarah Cabang Kwarcab Cianjur tahun 2011, Saka Telematika secara resmi menjadi Saka kesepuluh yang hadir di Kwarcab Cianjur.

Tujuan dibentuknya Saka Telematika ini pada awal berdirinya adalah menjadikan Ikon terbaru dari Pramuka sendiri juga mendukung 3.3 Juta Blog Pramuka Jawa Barat, tujuan lainnya memiliki rasa cinta kepada telekomunikasi, edutainment, multimedia dan informatika Indonesia yang menjadikan Pramuka Indonesia lebih dekat dengan fitur-fitur teknologi yang semakin berkembang.  Namun kini Saka Telematika juga ditujukan untuk melakukan  sosialisasi Gerakan Internet Sehat, sehingga Pramuka dapat tampil didepan memberi ruang belajar,berlatih, bermain dan berbakti dalam dunia IT yang sehat dan penuh manfaat.

Sebagaimana Saka yang lainnya, Saka Telematika memiliki krida-krida. Ada 4 (empat)  krida. Krida-krida yang dimaksud  yakni:

1. Krida Telekomunikasi
  1. SKK Jaringan Telekomunikasi
  2. SKK Jasa Telekomunikasi
  3. SKK Interkoneksi Telekomunikasi
2. Krida Informatika
  1. SKK Internet (Web) : Hosting, domain
  2. SKK E-Commerce :  plasa.com
  3. SKK Social Networking
3. Krida Multimedia
  1. SKK Broadcast / TV / TV Cable
  2. SKK Video
  3. SKK Teleconfrence
  4. SKK Design Grafis
4. Krida Edutainment
  1. SKK Game Online
  2. SKK Content : Music, Film, Edukasi

PERKEMBANGAN ATAU PERSOALAN?


Eksistensi Saka Telematika sayang sekali belum ditindaklanjuti dengan sungguh-sungguh oleh Kwartir Daerah Jawa Barat dan PT Telkom. Hal ini terbukti dengan kondisi Kwarda Jabar yang makin menurun motivasinya dalam menggerakkan Saka Telematika. Demikian pula yang terjadi di PT Telkom, sistem dan mekanisme kerja BUMN yang cenderung berorientasi profit menjadi salahsatu penghambat berjalannya roda organisasi SakaTelematika. Sehingga hingga saat ini anggota Saka Telematika secara independen menjalankan,mempertahankan dan mengembangkan roda organisasinya.


Satuan Karya yang sering lebih bernuansa instansional-khususnya instansi pemerintah tidak dirasakan oleh Saka Telematika, karena lebih cenderung dibina oleh PT Telkom. Namun dengan tidak jelasnya dukungan PT Telkom dalam pengembangan Saka Telematika, adalah wajar kemudian berdiri, satuan karya lain yang tidak jauh materi dan bidang garapannya yang bersifat instansional. Sebagai contoh yaitu berdirilah  Saka Informatika dan Saka Kominfo di beberapa kwarcab di lingkungan Kwarda Jawa Barat. Kwarcab Kota Bandung sebagai jantung Jawa Barat saja terbukti lebih memilih adanya Saka Kominfo daripada Saka Telematika.



LAMBANG SAKA

Lambang Saka Telematika ketika berdiri bulan Maret 2011 belum jelas. Maka Saka Telematika Kwarcab Cianjur berinisiatif  membuat lambang dengan gambar berikut:





Namun kemudian dalam Raimuna Daerah XII  bulan Desember 2012, Relawan TIK Jabar sebagai tim rintisan Saka Telematika  menampilkan lambang  sebagai berikut:


Gambar ini, tidak diterima di Kwarcab Cianjur, karena dinilai terlalu menampilkan lambang Telkom. Padahal Satuan Karya bukan milik dari BUMN tertentu.





Walaupun kemudian berkembang gagasan adanya lambang lain yaitu, lambang ini, namun  Pimpinan Saka Telematika Cianjur tetap menggunakan lambang Saka berbingkai coklat, hingga saat ini.









Sekedar tahu, inilah lambang Saka Informatika dan Saka Kominfo:












Demikian tulisan ini, semoga bermanfaat khususnya untuk peserta Peran Saka Kwarcab Cianjur Tahun 2013  di Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas Cianjur yang mendapatkan materi Pengenalan Saka Telematika dari kami hari Rabu, 25 Desember 2013, pukul 13.00-14.00 WIB.

Khusus untuk Telkom Cianjur, semoga kepemimpinan manager baru dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas Saka Telematika Cianjur, menjadi SAKA TELEMATIKA TERDEPAN SE-INDONESIA....!

Sekali memandu, tetap memandu! Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan!

2 comments:

  1. bagus ya
    cuman belum ada di kab ciamis
    kalau ada saya pasti ikutan.

    ReplyDelete
  2. Di kuarda maluku. Kuarcab ambon juga blm ada... bagaimana untuk kursus dan pelatihannya. Agar menyatukan kita yg memiliki hobi yg sama dalam bidang telematika ini dapat meyatukan ide demi kemajuan pramuka kedepan.

    ReplyDelete

Silakan komentar Anda tulis disini.