Motto IRWAN MAULANA

" MUN TEU NGARAH MOAL NGARIH, MUN TEU NGAKAL MOAL NGAKEUL ".

Thursday, May 2, 2013

ASYIK....PESTA SIAGA!

Aku dan Kak Lukman (panitia inti Kwarran Mande)
"Asyik.....kita akan Pesta Siagaaaaaaa....!", Gemuruh suara teriakan pramuka Siaga di Pangkalan SDN Kademangan, sejenak setelah selesai upacara penutupan. Begitu gembiranya mereka. Ya, mereka tahu dan merasakan sebelumnya pernah mengikuti Pesta Siaga di Kwarcab Cianjur.


Hari ini, Kwarran Mande Cianjur menyelenggarakan kegiaran PESTA SIAGA. Saya sebagai Pelatih Pembina Kwarcab Cianjur melakukan monitoring. Tergelitik dengan banyaknya pertanyaan mengenai Pesta Siaga ini, saya mencoba tuliskan hal-hal yang saya ketahui mengenai Pesta Siaga. Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Untuk mencapai tujuannya Gerakan Pramuka menyelenggarakan pelbagai kegiatan. Kegiatan-kegiatan ini disajikan dengan tetap memperhatikan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. Salah satu kegiatan yang penting khususnya untuk Pramuka Siaga adalah PESTA SIAGA.

Pesta siaga merupakan sebuah PERTEMUAN BESAR yaitu berkumpulnya barung-barung siaga yang bukan saja berasal dari sebuah  perindukan atau gudep, namun juga dihadiri oleh barung siaga dari perindukan dan gudep lainnya.


Dalam pertemuan ini, bentuk kegiatannya dapat berbentuk TUNGGAL ( sejenis kegiatan) ataupun BERANEKA RAGAM (memadukan beberapa jenis kegiatan). Beberapa jenis kegiatan yang dapat disajikan baik secara tunggal atau paduan,adalah sbb:



  1. Permainan Bersama, adalah kegiatan keterampilan kepramukaan untuk golongan Pramuka Siaga, seperti menyusun puzzle, mencari jejak, permainan kim dan sejenisnya.
  2. Pameran Siaga, adalah kegiatan yang memamerkan hasil karya Pramuka Siaga.
  3. Pasar Siaga (Bazar), adalah simulasi situasi di pasar yang diperankan oleh Pramuka Siaga sebagai pedagang, sedangkan pembelinya masyarakat umum / orangtua.
  4. Darmawisata, adalah kegiatan wisata ke tempat tertentu yang pada akhir kegiatan Pramuka Siaga harus menceritakan pengalamannya, dalam bentuk lisan maupun tulisan.
  5. Pentas Seni Budaya, adalah kegiatan yang menampilkan kreasi seni budaya para Pramuka Siaga.
  6. Karnaval, adalah kegiatan pawai yang menampilkan hasil kreatifitas Pramuka Siaga.
  7. Perkemahan Satu Hari (Persari), adalah perkemahan bagi Pramuka Siaga yang dilaksanakan pada siang hari.
Tentu saja untuk menyelenggarakan kegiatan yang memenuhi PDK dan MK, maka kegiatan ini harus direncanakan dengan baik. Kemudian dikelola oleh Panitia yang memiliki kecakapan mengurusi usia anak 7 sampai 10 tahun. Setelah selesai acara perlu dilakukan evaluasi untuk menjadi bahan pertimbangan kegiatan sejenis di masa yang akan datang.

Sebaiknya acara dimulai dengan Upacara Pembukaan dan di akhiri oleh Upacara Penutupan

Kemudian laksanakan kegiatan sesuai dengan rencana, dengan tetap memperhatikan kepentingan dan kebutuhan peserta.
Berikut beberapa gambar jenis kegiatan dalam sebuah pesta siaga











Selanjutnya, untuk setiap peserta yang mengikuti acara pesta siaga dengan baik, sungguh-sungguh dan berprestasi, panitia penyelenggara kegiatan sudah seharusnya memberikan penghargaan. Sesuai dengan ketentuan dalam Gerakan Pramuka penghargaan itu diutamakan dalam bentuk TISKA (Tanda Ikut Serta Kegiatan) dan dilengkapi dengan piagam tertulis.  

Berikut contoh Tiska sesuai dengan Jukran Tanda Penghargaan No, 175 tahun 2012.
Tiska ini sebaiknya disematkan pada upacara penutupan. Disematkan pada pakaian, diatas tanda WOSM pada baju siaga putra atau yang setingkat ini pada pakaian siaga putri. Berlaku dipasang pada pakaian seragam pramuka untuk maksimal 6 bulan.
Sungguh beruntung bagi Siaga yang mengikuti acara ini, selain karena menyenangkan, - juga ada yang jangan dilupakan - bahwa dalam mencapai Syarat PRAMUKA GARUDA, Pesta Siaga menjadi poin wajib diikuti oleh siaga yang akan menjadi Pramuka Garuda.  Mereka wajib menempuhnya, dengan mengikuti minimal 2 kali kegiatan Pesta Siaga. Karena itu Gudep dan Kwartir wajib menjadikannya program kerja dalam setiap tahunnya, sehingga kemajuan peserta didik untuk menempuh syarat Pramuka Garuda dapat dilayani.
SELAMAT BERPESTA!