Motto IRWAN MAULANA

" MUN TEU NGARAH MOAL NGARIH, MUN TEU NGAKAL MOAL NGAKEUL ".

Tuesday, May 21, 2013

Kurikulum KMD baru lho?!


Kemarin, dalam rangka memenuhi undangan Kwarran Campaka, saya menyampaikan materi Sosialisasi Akreditasi Gugus Depan. Kegiatan yang berlangsung di Gedung SMKN 1 Campaka ini, Alhamdulillah berjalan dengan lancar. 

Seperti biasanya, bicara akreditasi gudep mesti akan membahas masalah pengelolaan Gudep. Dalam dialog ditemukan fakta, bahwa sebagian besar peserta kegiatan belum pernah mengikuti Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD). Saya mengajak mereka untuk segera mengupayakan mengikuti KMD.

Tergerak oleh kepentingan memotivasi para pembina agar mengikuti KMD, saya sajikan tulisan ini.

Kakak-kakak, sejak tahun 2011, Kwartir Nasional telah melakukan perubahan tentang pedoman kursus bagi Pembina Pramuka Mahir baik tingkat dasar maupun lanjutan. Perubahan ini dilakukan dalam rangka upaya peningkatan pendidikan kepramukaan dan sebagai langkah nyata revitalisasi Gerakan Pramuka sehingga Pusdiklat mampu menyediakan Tenaga pendidik yang berkualitas.

Kurikulum dan materi kursus disesuaikan dengan keadaan masa kini, yang merupakan penyempurnaan dari pedoman kursus pembina sebelumnya  ( No. 090 tahun 2001).

Berikut ini adalah kurikulum berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional nomor : 200 tahun 2011 tentang Pedoman Panduan Kursus Pembina Pramuka Mahir.


Karena itu, pada Kakak-kakak yang belum KMD , ayo ikut KMD...!